Catatan untuk Gagal


   Ada yang pernah gagal? Gagal memenangkan lomba cerdas cermat? Gagal lomba lari? Gagal saat main game karena Wifi lemot?

Hm...

Apa itu gagal?

Kalau menurut saya, kegagalan adalah suatu keinginan yang ingin kita capai, namun belum waktunya untuk mendapat kemenangan. Masih banyak kesempatan di luar sana dan masih panjang waktunya. Gagal itu hal yang biasa. Gagal adalah salah satu pelajaran berharga dalam hidup ini. Karena hidup nggak selalu sukses terus.

Jangan bersedih, karena Tuhan pasti punya rencana yang lebih baik. Juga jangan terlalu memikirkan kegagalan dengan mengaitkan pada ketidakadilan. Seperti ketidakadilan pada sang pemenang lomba atau  merendahkan sang pemenang dalam lomba. Hal itu menyebabkan diri sendiri untuk menanamkan rasa kebencian pada orang lain yang seharusnya tidak dilakukan. Secara tidak langsung dan tidak sadar, hal itu dapat membuat diri sendiri menjadi seorang pecundang.

Ada pepatah bilang bahwa kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda. Mungkin karena kurangnya kerja keras atau ada jalan yang lebih baik untuk kita. Dari kegagalan itu kita bisa bisa intropeksi diri, apa kekurangan kita dan cara memperbaikinya.

Gagal bukan berarti kalah karena kalah hanya untuk orang lemah. Gagal juga bukan berarti payah, karena payah itu milik orang-orang yang sekali gagal lalu menyerah.

Berapa kali kita barus gagal? Tak ada yang tahu tentang jawaban itu. Para tokoh dunia saja gagal berkali-kali namun bangkit kembali.

Thomas Alfa Edision gagal sebanyak 1000 kali untuk menemukan bola lampu. Sekarang, nama Thomas Alfa Edison dikenal dikalangan banyak orang karena penemuan bola lampunya. Semua butuh proses dan nikmatilah proses itu.

Jika kamu gagal, ayo coba lagi, lagi, dan lagi sampai kamu bisa! Seperti  kamu jatuh saat bermain sepeda, kamu harus bangkit, dan coba menggayuhnya lagi. Sampai kamu mendapat keseimbangan. Jika sudah seimbang, otomatis kamu bisa bermain sepeda.

Satu hal yang perlu diingat. Di dunia ini tak ada yang tak mungkin selama kamu bisa membuktikannya dan terus berdoa kepada Yang Maha Kuasa. Jangan pernah takut mencoba dan jangan pernah takut dengan konsekuensinya!

Turuti kata hati dan berpikir dengan akal. Karena kegagalan adalah gerbang utama menuju kesuksesan. Maka dari itu, ada banyak rintangan yang harus dilewati.

Semangat!

Maaf bila ada salah kata.
Sekian dan terima kasih:)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Drug and Food Label

Procedure Text (Beverage Recipe)

Berkenalan dengan Ekstrovert